KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DALAM MASA PANDEMI COVID-19 

DI SMP NEGERI SATU ATAP PEBAYURAN KAB. BEKASI – JAWA BARAT



Disaat Pemerintah mengumumkan awal kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan dirumah atau belajar jarak jauh (PJJ), maka yang ada dibenak saya cara menyampaikan pembelajarannya seperti apa dan bagaimana agar peserta didik dapat dimengerti serta memahaminya, sudah tidak bisa dipungkiri lagi mau tidak mau, suka tidak suka proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) harus tetap dilaksanakan dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, mari kita berdo’a kepada Allah SWT mudah-mudahan wabah ini cepat berlalu agar proses belajar dapat dilaksanakan seperti biasa dan bisa tatap muka kembali dikelas.

Sekolah tempat saya mengajar terletak di pedesaan dimana kondisi peserta didik dan kondisi jaringan kurang maksimal dan tidak stabil, sebagai contoh kondisi peserta didik disini rata-rata belum memahami cara belajar online melaui aplikasi maupun website, karena keterbatasan pemahaman ilmu teknologi, akan tetapi disini saya berinisiatif membuat website atau blog yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik belajar online, peserta didik akan mudah melihat materi atau tugas tanpa harus login dengan email jadi peserta didik hanya mengklik / membuka link url blognya langsung terbuka, pada blog sudah tersedia sub menu materi, tugas, buku digital dan lain-lain sehingga dapat diakses secara mudah oleh peserta didik.

Belajar dimasa pendemi ini pada dasarnya sangat bermanfaat bagi peserta didik agar bisa melek teknologi walaupun ada kendala diberbagai kondisi lapangan baik di jaringan internet maupun SDM nya yang harus dibantu sehingga peserta didik bisa belajar online dengan maksimal.

Selanjutnya kondisi jaringan yang ada tidak stabil karena peserta didik tempat tinggalnya ada di perkampungan sehingga dapat menghambat proses belajar secara online, ditambah lagi kondisi perekonomial disini rata-rata berpenghasilan dibawah rata-rata sehingga untuk memenuhi kebutuhan belajar online terkendala untuk pembelian kuota internet.


Rasa semangat belajar peserta didik tetap antusias ditengah pandemi ini dengan mengerjakan materi dan tugas yang diberikan oleh guru dengan sistem Daring (Dalam Jaringan), dalam pemberian materi dan tugas menyesuaikan kemampuan peserta didik agar mudah dimengerti dan dipahami agar bisa dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab.

Para guru dalam memberikan pembelajaran online tidak sekedar mengirimkan materi atau tugas melainkan peserta didik dapat berinteraksi atau bertanya tentang materi yang diberikan oleh guru dengan cara menelpon atau mengirim pesan di aplikasi whatsapp sehingga guru dan peserta didik bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar walaupun dari rumah. 

Demikian artikel ini dibuat agar dapat menjadi motivasi untuk kegiatan belajar mengajar yang lebih baik lagi dan bisa memanfaatkan teknologi yang makin berkembang, artikel diatas benar-benar real adanya sesuai kondisi dilapangan, tetap optimis kita dapat melewati wabah pandemi covid-19 ini dengan baik agar semua aktivitas terutama pembelajar bisa dilaksanakan tatap muka di sekolah masing-masing satuan pendidikan yang ada di daerah masing-masing. Tetap jaga kondisi kesehatan dengan cara rajin mencuci tangan, pakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan agar tidak tertular virus corona. 

Tetap semangat belajar dan mengajar untuk semua peserta didik dan guru di seluruh indonesia di masa pandemi covid-19 ini. Motto “belajar tanpa batas demi mencetak generasi sukses” salam guru penggerak diseluruh indonesia https://www.gurupenggerakindonesia.com/

Indonesia Kuat Indonesia Sehat Indonesia Bisa

#PGRI

#KOGTIK

#EPSON

#KSGN